Senin, 26 November 2007

Program-program kami

Taruna Tani Syifa Herbal memiliki Program :

I. BIDANG PERMODALAN
Penggalangan Dana (Fund Rising)
Penggalangan dana berasal dari anggota dan donatur maupun sponsor kegiatan, Dana yang berasal dari anggota berupa infaq, keuntungan bagi hasil, Shodaqoh pendapatan, sedangkan dari pihak donatur berupa infaq dan sponsor kegiatan. Dana dari infaq dipergunakan untuk biaya pengelolaan organisasi dan penambahan modal organisasi, Keuntungan bagi hasil dipergunakan untuk penambahan modal pinjaman yang dapat dipergunakan oleh seluruh anggota, shodakoh pendapatan dipergunakan untuk penambahan modal pinjaman untuk kaum miskin baik anggota maupun diluar anggota. Sponsor kegiatan dipergunakan sesuai dengan peruntukan yang disepakati antara Taruna Tani Syifa Herbal dan Sponsor.

Pengelolaan pinjaman modal bebas Riba
Taruna tani mengembangkan pinjaman tanpa riba (bunga) untuk kepentingan usaha anggota dalam meningkatkan pendapatan penghasilannya, saat ini telah menggulirkan pinjaman ini sebesar 25 juta untuk jangka 2 tahun dengan angsuran setiap bulan

Pengelolaan pinjaman Ta’awun bebas riba
Pinjaman ini diberikan kepada anggota yang tidak meminjam atau telah melunasi pinjaman modal bebas riba dan mendapat musibah atau kesulitan keuangan , dengan maksimum pinjaman 50 persen dari perkiraan potensi panen pertanian yang dimiliki atau pendapatan tetap yang dimiliki. Pengembalian tanpa bunga, tetapi disarankan memberikan infaq bagi penambahan modal organisasi.

Pengelolaan pinjaman bagi hasil (mudarobah)
Pinjaman ini diberikan kepada anggota yang telah melunasi pinjaman modal bebas riba, dan ingin menambah atau memperluas alternatif mata pencaharian dengan sistem bagi hasil. Bagi hasil sebesar 75 % bagi pengguna dan 25 % bagi taruna tani setelah dipotong modal yang dipinjam, apabila dalam usaha mengalami gagal panen maka pengguna tidak perlu mengembalikan.

Penanaman tumbuhan biofarmaka Jahe Merah
Setiap anggota menanam komoditas Jahe Merah secara organik (tanpa pestisida dan pupuk buatan) dengan tujuan sebagai investasi jangka menengah.

II. Bidang
Membangun kemitraan
Membangun kemitraan ini bertujuan menjalin komunikasi dengan pihak lokal, nasional maupun Internasional, untuk pihak lokal saat ini mulai menjalin komunikasi dengan berbagai aparat di bidang pertanian, perdagangan, peternakan dan usaha kecil menengah, ditingkat nasional telah membangun komunikasi dengan jaringan organik Indonesia dan majalah organi.

Pertemuan reguler
Pertemuan reguler dilakukan setiap bulan sekali untuk tukar informasi tentang kemajuan pengelolaan pinjaman, kemajuan dari manfaat pinjaman, perkembangan dan kendala permasalahan pertanian dan organisasi

Pelatihan-pelatihan
Pelatihan-pelatihan ditujukan untuk anggota dan juga keluarganya yang bertujuan menambah pengetahuan dalam meningkatkan pendapatan.

Publikasi
Publikasi dilakukan melalui Kertas laporan dan internet. Kertas laporan diperuntukan kepada instansi terkait, untuk anggota dan donatur dilaporkan sebulan sekali dan untuk instansi serta sponsor dilakukan secara berkala sesuai kepentingan. Sedangkan melalui internet adalah laporan kegiatan hari-hari melalui webblog www.tarunatani.blogspot.com dan email tarunatani@gmail.com.com

Tidak ada komentar: